Memberi Nutrisi Tepat Sangat Membantu Anak Bereksplorasi

Senin, 08 April 2019 - 13:12 WIB
Memberi Nutrisi Tepat Sangat Membantu Anak Bereksplorasi
Memberi Nutrisi Tepat Sangat Membantu Anak Bereksplorasi
A A A
KETIKA anak bereksplorasi, ada banyak tantangan penyakit yang mungkin bisa mengganggu, seperti infeksi saluran pernapasan dan diare. Hasil riset menunjukkan bahwa 41,9% anak Indonesia masih sering terkena infeksi saluran pernapasan dan 12,2% anak masih sering terkena diare. Karena itu, anak harus mendapatkan nutrisi dan perlindungan tepat.

“Hal ini bisa diantisipasi dengan memberikan asupan probiotik seperti Lactobacillus rhamnosus yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran cerna, dan meningkatkan daya tahan tubuh,” ungkap pakar nutrisi Prof Dr dr Saptawati Bardosono MSc dalam acara Nestle Dancow Advanced Excelnutri+ Meluncurkan Modul Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia.

Diketahui, sistem pencernaan kita merupakan organ kekebalan tubuh terbesar sehingga harus dikembangkan dengan bakteri baik yang ada di usus karena akan melindungi saluran cerna. “Bakteri baik yang ada di usus akan melindungi daya tahan tubuh,” kata Prof Saptawati. Dia menjelaskan, anak yang lebih sering bermain di luar rumah berisiko terkena penyakit 2-3 kali lipat lebih tinggi dibandingkan anak yang hanya beraktivitas di rumah.

Nutrisi diperlukan guna mendukung perlindungan anak. Anak yang menghadapi masalah nutrisi tidak kunjung selesai gangguan kesehatan yang dialami. “Kalau berat badan kurang, akan mudah sakit atau terkena anemia. Faktanya, tiga dari 10 anak menderita anemia,” ucapnya. Psikolog Ratih Ibrahim turut menjelaskan manfaat kegiatan eksplorasi si kecil.

“Mengenal dan berinteraksi dengan hal baru dapat mendukung keterampilan sensorik-motorik, keterampilan berkomunikasi, sosial-emosional, kemandirian, kognitif, dan kreativitas anak,” bebernya. Karena itu, orang tua tidak perlu khawatir jika anaknya ingin bermain dan mencoba hal baru. Apalagi, saat anak memasuki usia 1 tahun, itu sudah mulai muncul rasa ingin tahu dan senang bermain.

“Sebab, mereka sudah mulai bisa berjalan, berlari, dan mengenali orang dengan baik,” ujar Ratih. Lydia Sahertian, Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri+, mengatakan, pihaknya senantiasa mengedukasi dan mendorong orang tua Indonesia untuk berkata “iya boleh” demi mendukung si kecil bebas bereksplorasi dan mengembangkan potensi mereka. Melanjutkan Gerakan 1 Juta Iya Boleh yang diluncurkan pada Februari 2019, Dancow Advanced Excelnutri+ meluncurkan modul Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia .
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7929 seconds (0.1#10.140)